Tips Memulai Bisnis Online Sederhana dari Rumah Buat Tambahan Penghasilan

https://lh6.googleusercontent.com/nDuD3EC1VpBS6pUqdI1D7NgUf7VV130NBE8Zg_begqT6Ff5ytlLKjS7uzRWeNhCYXHFEmAtF7NN7e2pr1gZBR77QSyS7lcvVqqrFALk6gUKxLReqrZoFiQyES93Uvlqtx-IEFk_s

Kalau mau dilihat dari sisi positif, momen karantina di rumah selama masa pandemi bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari menekuni hobi, mengasah skill, belajar hal baru, sampai membuat bisnis online sederhana. Mengingat hidup harus tetap berjalan selama pandemi. Belum ditambah, momen karantina membuat sebagian kebutuhan juga meningkat, seperti tagihan listrik, air, internet, makanan, dan yang lainnya. 

Nah, menjalankan bisnis online dapat menjadi alternatif terbaik jika kamu butuh tambahan penghasilan untuk menambal keuangan & menutup sebagian kebutuhan yang penting dan mendesak. Di sisi lain, bagi kamu yang sedang mengeksplorasi peluang baru selama pandemi, bisnis online juga bisa menjadi pilihan tepat. Siapa tau bakat & omsetnya lumayan, bisa diseriusin jadi sumber penghasilan pasif, lho!

Sekarang, memulai bisnis tidak sulit. Namun, tetap butuh perencanaan dan strategi yang matang. Jangan dulu mulai dari yang besar. Jika kamu pemula dan baru mau coba-coba, bisnis online sederhana bisa dimulai dengan 5 cara berikut ini. Yuk simak. 

Mulai dari modal 0: jual baju bekas layak pakai atau dropshipper

Punya banyak baju nggak terpakai di lemari? Sering beli barang yang nggak dibutuhkan dan akhirnya numpuk di rumah? Selain disumbangkan kepada yang membutuhkan, ini juga bisa dijadikan lahan bisnis online, lho! Saat ini, bisnis jual baju bekas atau thift store juga sedang digandrungi banyak orang dan memiliki banyak peminat. Pakaian impor bekas yang branded mulai dari hoodie, jeans, sweater, sampai kemeja adalah yang paling banyak diminati. Sebab, ini dapat menjadi alternatif orang untuk mendapat barang branded berkualitas dengan harga super murah. Tinggal dicuci bersih atau laundry, voila, semua tampak kayak baru! 

Selain pakaian bekas layak pakai, bisnis dropshipper juga jadi yang paling diminati orang untuk memulai bisnis online. Pasalnya, selain nggak perlu keluar modal untuk stok barang seperti reseller, bisnis dropshipper juga mudah dijalankan hanya dengan modal HP, kuota internet, dan keahlian menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Tugas seorang dropshipper hanyalah memasarkan produk yang dijual supplier kepada calon konsumen. Nah, pundi-pundi keuntungan yang didapat berasal dari selisih harga jual ataupun persenan yang diberikan oleh supplier sesuai yang sudah disepakati bersama. 

Memanfaatkan WhatsApp sebagai media pemasaran gratis

Dibandingkan Facebook atau Instagram, WhatsApp bisa dibilang merupakan media pemasaran online yang saat ini cukup kuat dan berpengaruh. Selain broadcast pesan, fitur story atau status di WhatsApp juga bisa dibuat tanpa batas dan bisa mencantumkan link aktif. Kalau kamu punya website jualan yang bisa dipromosikan, menggunakan WhatsApp story untuk promosi gratis adalah pilihan tepat. Sudah gitu, bisa menyasar langsung ke kontak pribadi. Ini sebuah keuntungan sendiri sebab orang biasanya lebih mudah percaya membeli sesuatu dari orang yang dikenal baik. 

Kalau mau punya target lebih luas, kamu bisa juga menggunakan platform e-commerce sebagai media pemasaran. Buat akun sebagai seller/toko dan upload satu persatu produk yang kamu jual. Namun, biasanya, pihak e-commerce akan menerapkan potongan/komisi dari setiap penjualan produk. Jadi, sebelum itu, pastikan kamu paham dulu terhadap regulasi e-commerce terkait ya. 

Andalkan word of mouth sebagai bentuk promosi

Untuk pemula dengan minim modal, alih-alih mengalokasikan uang banyak-banyak untuk promosi, kamu bisa menggunakan strategi word of mouth lebih dulu dari kerabat atau teman. Kalau menjual makanan misalnya, kamu bisa memberikan produk tersebut secara gratis kepada beberapa kerabat atau teman untuk ditukar dengan “endorse” di media sosial atau WhatsApp Story. Namun, perlu diingat bahwa strategi ini hanya akan berhasil jika produk yang kamu jual benar-benar enak atau berkualitas. Jika sebaliknya, maka strategi ini justru akan menjadi backfire bagi bisnis online-mu. Maka dari itu, gunakan modal & kesempatanmu sebaik-baiknya untuk membuat & memilih produk yang tepat untuk dijual. Kalau jadi dropshipper, pastikan memilih supplier yang reputasinya baik ya. 

Memberikan ekstra layanan di tengah pandemi

Mulai dari gratis ongkos kirim sampai bonus masker, kamu bisa menentukan aneka layanan ekstra yang mau diberikan ke pelanggan di tengah pandemi. Ini adalah usaha yang baik agar bisnismu bisa segera dinotice meski masih tahap awal. Misalnya, produk yang dijual adalah makanan jadi atau makanan kering, bonus gratis ongkir/diantar sendiri ke tempat pelanggan (selama masih terjangkau) bisa membuat pelanggan jadi merasa lebih hemat dengan membeli di kamu. Kalau yang dijual pakaian, bonus masker kain misalnya, juga akan sangat berguna bagi pelanggan sekaligus pengingat untuk terus menjaga kesehatan di tengah pandemi. Namun, balik lagi, pastikan layanan ekstra yang kamu berikan hitung-hitungannya masih sesuai dan tidak membuat rugi ya. 

Rekomendasi pinjaman uang online terpercaya dan berbunga rendah untuk modal bisnis bagi pemula

Bagi pebisnis pemula atau yang baru pertama kali merintis usaha, nggak mudah untuk bisa mendapatkan pinjaman dari lembaga konvensional seperti bank. Namun, jangan khawatir. Sekarang, ada fintech pinjaman uang online seperti Kredivo yang bisa jadi solusinya. Tidak perlu survei, slip gaji, atau mengajukan proposal bisnis. 

Untuk mengajukan pinjaman uang online, kamu hanya perlu mendaftarkan diri dan membuat akun lebih dulu lewat aplikasi Kredivo yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Jika sudah terdaftar menjadi pengguna Premium, kamu dapat langsung mengajukan pinjaman uang online mulai dari 500 ribu untuk yang mini dan mulai dari Rp 1 juta untuk jenis pinjaman jumbo. 

Meski termasuk fintech pinjaman uang online yang pencairannya cepat dan daftarnya mudah, suku bunga yang ditetapkan Kredivo cukup bersahabat & rendah lho. Hanya 2,95% per bulan dengan opsi tenor 1/3/6 bulan. Kredivo sendiri juga mampu memberikan limit kredit maksimal hingga Rp 30 juta bagi pengguna Premium. Tertarik coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *