Pemberian MPASI 6 Bulan pada Anak

Pemberian MPASI 6 Bulan pada Anak! Melangkah sekitar usia 6 bulan, bayi Anda sudah mulai diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya. Sudah waktunya bagi orang tua untuk memikirkan menu MPASI 6 bulan terbaik yang harus diberikan kepada si kecil Anda.

Bagi Anda yang bingung tentang apa yang harus dimasak, mari kita lihat inspirasi untuk ide menu MPASI 6 Bulan di sini serta panduan lengkap tentang cara memberikan makanan padat pertama Anda.

Berikan padatan secara bertahap

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa MPASI hanya boleh diperkenalkan ketika anak Anda berusia 6 bulan. Mengapa demikian?

Pada usia 6 bulan, bayi normal umumnya memiliki keterampilan koordinasi mata dan tangan yang cukup dewasa. Selain itu, bayi pada usia 6 bulan juga umumnya bisa memegang kepala dan lehernya untuk makan.

Ketika memperkenalkan MPASI adalah penting karena dapat mempengaruhi kesehatan bayi di masa depan. Pemberian MPASI 6 bulan dikatakan berhasil jika dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi, bayi dapat menelan dengan baik (tidak tersedak), dan tidak melebihi kapasitas sistem pencernaan dan ginjal untuk mencerna makanan.

6 bulan inspirasi menu MPASI untuk si kecil Anda

Tidak perlu bingung ketika akan menyediakan menu MPASI selama 6 bulan pertama untuk si kecil Anda. Berikut adalah inspirasi dari menu sarapan, makan siang, dan makan malam Kementerian Kesehatan Indonesia:

Menu sarapan pagi

Menu sarapan biasanya lebih sederhana daripada menu makan siang, berikut adalah beberapa pilihan menu MPASI 6 bulan yang dapat Anda pilih untuk sarapan kecil Anda. Opsi menu berikut:

Pisang atau pure pepaya. Pilih buah yang matang sempurna, lalu cuci dan kupas kulitnya. Daging cincang halus dan tumbuk dengan satu sendok teh. Sajikan dalam mangkuk kecil.

Bagaimana Pemberian MPASI 6 Bulan pada Anak?

Haluskan tomat. Pilih tomat matang, cuci dan rendam dalam air mendidih, kupas kulitnya. Saring jus tomat, kemudian encerkan dengan air matang yang sama.

Menu makan siang

Menu MPASI 6 bulan untuk makan siang dapat dibuat dengan lebih banyak bahan pengisi. Contohnya termasuk nasi, tepung beras dan susu. Inilah panduan untuk membuat pulp MPASI:

Bubur susu. Campurkan 1-2 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan gula pasir, 5 sendok makan susu formula yang telah dicairkan dengan 200 cc air sedikit untuk diaduk hingga halus, lalu masak dengan api kecil sambil diaduk sampai matang.

Buah jeruk. Pilih jeruk manis lalu cuci, belah menjadi 2 bagian kemudian peras dan saring. Jika jeruk terasa asam, tambahkan sedikit gula murni.

Makan malam

Saat makan malam, Anda dapat menyediakan menu MPASI 6 bulan yang lebih kaya untuk si kecil Anda. Sebagai contoh:

Nasi tim campuran. Buat bubur berair dari nasi putih. Tambahkan sayuran mustard rebus, sedikit garam, dan 2 sendok makan ayam suwir sampai halus. Masak sampai matang sampai mendidih.

Nasi dicampur dengan brokoli. Buat bubur berair dari nasi putih. Tambahkan brokoli, jagung, dan 2 sendok makan parutan ayam halus. Masak sampai matang.

Sangat penting untuk selalu memvariasikan bahan makanan dalam menu MPASI 6 bulan. Dengan begitu, anak-anak dapat mulai belajar tentang berbagai rasa dan tekstur makanan.

Misalnya, nasi untuk memasak nasi untuk tim dapat diganti dengan kentang tumbuk atau makaroni. Lauk juga tidak harus selalu menggunakan daging ayam. Anda dapat bervariasi dengan hati ayam / sapi, ikan, telur, daging, tempe, tahu, kacang hijau, atau kacang merah tumbuk. Untuk menu sayuran, jangan punya mustard atau brokoli. Ibu bisa menggunakan bayam, labu, wortel, kangkung, dan sebagainya.

Jika Anda ingin memasukkan telur ke dalam makanan bayi, cobalah kuning telur terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah untuk melihat apakah anak Anda menimbulkan gejala alergi telur. Jika ya, jangan berikan menu telur sampai anak berusia 1 tahun.

Setelah usia 9 bulan, Anda dapat memberikan buah-buahan lain seperti alpukat, apel, mangga wangi, pepaya, atau melon. Jadi tidak perlu diberikan MPASI 6 Bulan sperti di atas.