Mengenal 7 Macam Pisang Yang Ada Di Indonesia

Pisang Ambon sisir - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah pisang. Pisang ini sendiri ialah buah dengan tekstur yang lembut. Dengan tekstur seperti itu, maka menjadikan buah pisang banyak digemari mulai dari balita, sampai lansia.

Rasa daging buah pisang manis dan bisa dinikmat langsung ataupun menjadi beberapa olahan yang menarik. Terdapat juga beberapa macam buah pisang yang ada di Indonesia.

Karena berbeda jenis, maka beragam buah pisang juga berbeda dari segi bentuk, ukuran, rasa dan aspek lain sebagainya. Berikut inilah beberapa macam jenis pisang secara umum yang bisa kita temukan di Indonesia.

Pisang Ambon

Salah satu pisang yang ada atau asli Indonesia yaitu pisang ambon. Bentuk pisang ambon panjang, dan pisang ini berwarna hijau atau warna kuning ketika matang. Jenis pisang ambon juga biasa dipakai sebagai olahan kue karena mempunyai tekstur halus.

Pisang Raja

Selain pisang ambon, ada juga pisang raja yang tentunya sudah dikenal oleh banyak orang. Kulit pisang raja tebal dan daging buah pisangnya memiliki tekstur tersendiri ketika dikupas.

Lalu pisang raja memiliki rasa yang paling manis jika di antara berbagai jenis pisang di Indonesia yang lain. Bentuk pisang raja juga tebal serta cenderung ke atas melengkung.

Aroma pisang raja harum kalau buahnya sudah matang, sehingga tak heran kalau pisang raja ini merupakan favorit banyak orang jika ingin dimakan langsung. Kalian juga dapat mengolah pisang raja untuk topping kue tradisional, es pisang ijo, kue modern dan sebagainya.

Pisang Kepok

Kalau banyak pisang bisa dikonsumsi langsung, berbeda halnya kalau dengan pisang satu ini yaitu pisang kepok. Jenis pisang ini lebih pas dimasak dahulu, kalian bisa merebus pisang kepok ataupun dengan menggoreng pisang kepok supaya menjadi pisang goreng.

Bentuk pisang kepok berisi dan tidak terlalu panjang, daging pisang kepok kenyal dan juga berwarna kuning.

Pisang Susu

Pisang selanjutnya adalah pisang susu, pisang susu ialah pisang yang mempunyai rasa manis. Pisang ini juga creamy kalau sudah matang, tetapi bisa terasa sepat kalau pisang susu ini masih mentah.

Warna daging pisang susu kuning cerah dan sering juga terdapat bintik-bintik di bagian kulitnya ketika matang. Jenis pisang susu lebih enak kalian makan langsung daripada harus diolah.

Pisang Cavendish

Untuk sekarang sekarang ini mungkin pisang cavendish merupakan pisang yang lebih dikenal banyak orang. Pisang ini merupakan pisang asli Filipina tetapi sangat sering ada di supermarket.

Jenis pisang cavendish memiliki ciri kulit yang tipis degan daging tebal. Rasa pisang cavendish manis dan juga lembut, pisang cavendish cocok langsung dimakan ataupun diolah menjadi kue.

Pisang Emas

Jenis pisang emas ini merupakan pisang yang memiliki ukuran terkecil di antara beberapa varian pisang yang lainnya. Tak hanya ukuran buah pisangnya saja, pohon pisang pisang emas pun berukuran lebih kecil.

Hal yang lebih membedakan untuk pisang emas ini yaitu ada warna hijau pada bagian ujungnya. Rasa pisang emas lembut, dan lebih cocok kalau pisang emas dimakan langsung.

Pisang Tanduk

Sesuai namanya, pisang satu ini mempunyai bentuk layaknya tanduk. Ukuran pisang tanduk yang terpanjang di antara beberapa jenis pisang tanduk yang lain. Bentuk pisang pun yang paling mudah kita kenali karena makin ke ujung maka semakin lancip. Pisang ini lebih cocok direbus juga karena dagingnya keras saat dimakan langsung.

Lewat platform e-commerce TaniHub, kalian bisa mendapatkan ragam macam buah-buahan segar termasuk pisang dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *