Daripada untuk Lebaran, Pinjaman Dana Cepat Baiknya Diandalkan untuk Ini

Kebutuhan yang meningkat di bulan Ramadan hingga Lebaran membuat banyak orang menjadikan pinjaman dana cepat sebagai salah satu jalan memenuhi kebutuhan tersebut. Belum lagi bagi mereka yang mudik, tentu pengeluarannya bakal jadi lebih tinggi. Biasanya, orang berani mengambil pinjaman untuk kebutuhan hari raya karena sudah pasti akan menerima THR yang jumlahnya satu kali gaji sehingga pembayaran pinjaman bisa dipastikan aman. 

Namun, suasana Lebaran yang berbeda kemungkinan besar akan kita alami tahun ini. Nggak ada lagi keramaian, macet-macetan, hingga arus mudik yang padat jelang H-3 Lebaran. Ya, ini terjadi karena kita sekarang berada dalam masa pandemi Corona yang menyebabkan pemerintah mengambil keputusan untuk melarang aktivitas mudik dan bahkan memindahkan cuti bersama Lebaran ke akhir Desember 2020. 

Dengan kondisi ini otomatis pengeluaran bulan Ramadan dan hari raya tahun ini seharusnya bisa berkurang. Kita juga sebaiknya berhemat ketat pengeluaran karena pandemi belum bisa diketahui kapan akan redanya. 

Jadi, buat kamu yang sudah ancang-ancang mau mengajukan pinjaman dana cepat, baik ke bank atau fintech buat aktivitas konsumtif jelang & sambut hari raya yuk pertimbangkan ulang. Bukan hanya karena pandemi yang berdampak pada ekonomi, namun pasca Lebaran kebutuhan yang jauh lebih penting juga sudah menunggu. Kalau pun harus mengajukan pinjaman, sebaiknya digunakan untuk tiga hal berikut agar bermanfaat: 

Tambahan biaya tahun ajaran baru

Bagi para orangtua yang punya anak di usia sekolah SD-SMA, pasti sekarang udah kepikiran buat bayar biaya ini itu terkait tahun ajaran baru di bulan Juli 2020. Meski belum ada kejelasan bagaimana tahun ajaran baru atau pendaftaran sekolah akan berlangsung di tengah pandemi, namun sebaiknya semua tetap dipersiapkan dengan baik. Biaya tahun ajaran baru akan makin tinggi untuk naik/pindah tingkatan sekolah ke level berikutnya: yang lulus SD masuk SMP, SMP masuk SMA, dan SMA masuk universitas. Di sinilah, pinjaman dana cepat, baik dari bank ataupun fintech seperti Kredivo, bisa dijadikan solusi apabila butuh tambahan uang/kekurangan biaya untuk keperluan tersebut karena urgensinya cukup tinggi. 

Modal bisnis kecil-kecilan untuk penghasilan tambahan

Selain bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan, bisnis kecil-kecilan yang dibangun sendiri juga dapat menjadi sumber penghasilan pasif di masa depan apabila ditekuni. Namun, masalah klasik dalam memulai bisnis biasanya adalah niat, perencanaan, dan modal. Baik modal uang atau modal barang. Bagi pemula yang baru mau terjun ke dunia bisnis, jangan harap mudah mendapatkan pinjaman modal. Di sinilah fungsi dari pinjaman dana cepat tanpa survey: bisa digunakan untuk modal usaha tanpa perlu mengajukan proposal atau punya laporan keuangan bisnis sebelumnya. 

Meminjam uang untuk modal bisnis termasuk utang produktif. Meski begitu, jangan sekali-kali pinjam uang, apalagi pinjaman dana cepat untuk berbisnis kalau kamu nggak punya perencanaan matang terkait bisnis yang mau dijalankan. Salah-salah, bisa jadi bumerang untuk diri sendiri. Selain itu, jangan asal memilih lembaga pinjaman. Cari yang tingkat suku bunganya paling rendah supaya angsuran pinjamannya tidak terlalu besar. Ingat, menjalankan bisnis bukan perkara mudah dan tidak ada jaminan bisa langsung mendapat keuntungan di awal. 

Kebutuhan mendesak seperti biaya pengobatan

Meski sudah ada asuransi kesehatan, uang tunai tetap dibutuhkan untuk berjaga-jaga selama masa pengobatan di rumah sakit apalagi kalau kondisinya dalam perawatan intensif. Entah itu sekadar untuk tambahan obat, biaya wara-wiri rumah sakit, dan lain sebagainya. Dalam kondisi ini, pinjaman dana cepat yang bisa cair sehari dapat menjadi solusi terbaik yang bisa kamu coba kalau nggak punya tabungan darurat. Maka dari itu, daripada menghambur-hamburkan uang pinjaman untuk hari raya, lebih baik tahan dulu niat untuk pinjaman uang. Sebab setelah Lebaran, hidup masih harus berjalan. Siapa tahu ada kebutuhan yang lebih mendesak lagi?

Rekomendasi pinjaman dana cepat terpercaya untuk berbagai kebutuhan

Selain KTA dari bank, pinjaman dana cepat terpercaya juga bisa kamu dapatkan dari fintech legal yang sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo. Keistimewaan Kredivo sebagai fintech bukan hanya karena sudah terdaftar di OJK, tetapi juga karena suku bunganya cukup rendah untuk pinjaman dana cepat, yaitu 2,95% per bulan dengan potongan biaya administrasi sebesar 6%. Kredivo juga memberikan opsi tenor pinjaman yang beragam yaitu 1/3/6 bulan. Bagi pengguna Premium, limit kredit yang bisa diberikan Kredivo juga cukup besar: bisa mencapai hingga Rp 30 juta. 

Jenis pinjaman di Kredivo terbagi menjadi dua: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal 500 ribu sedangkan pinjaman jumbo berlaku untuk pengajuan pinjaman minimal 1 juta ke atas. Untuk bisa mengajukan pinjaman di Kredivo, kamu perlu mendaftarkan diri sebagai pengguna Kredivo lebih dulu. Caranya adalah daftar melalui aplikasi Kredivo langsung yang dapat diunduh lewat Google Play Store atau App Store. 

Saat ini, Kredivo menerapkan tiga syarat utama untuk pendaftaran:

  1. Pendaftar merupakan WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulannya. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *