Cara Mudah Mengemudikan Mobil Manual Bagi Pemula

Mengendarai sebuah mobil manual pada dasarnya adalah bukan hal yang diutamakan, tetapi di era canggih seperti sekarang ini sangat diperlukannya keterampilan khusus untuk bisa membawa mobil sendiri. Oleh karena itu kursus menyetir mobil ini semakin hari semakin banyak peminatnya. Dan bahkan tempat kursus untuk menyetir mobil ini hampir tersedia di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, terlebih didaerah perkotaan. Meski kamu misalnya belum memiliki mobil, maka tidak ada salahnya untuk belajar mengemudikan mobil. Kan bisa saja jika kamu sudah memiliki keterampilan untuk mengemudikan mobil, maka nantinya dapat digunakan untuk mencar penghasilan. Misalnya saja kamu bisa bekerja dengan menjadi supir pribadi, supir taksi, atau apapun yang ada kaitannya dengan menyetir. Jika kamu telah memiliki pekerjaan dari keterampilan mengemudi yang dimiliki, maka kemungkinannya kelak kamu bisa membeli mobil sendiri. Pasalnya harga mobil sekarang ini tidak semahal zaman dulu, dan bahkan adanya satu unit mobil yang dibandrol dengan harga dibawah Rp. 100 jutaan. 

Sebenarnya untuk bisa mengendarai sebuah mobil manual sangatlah mudah, kamu cukup dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini. Berikut cara mengemudi mobil yang mudah bagi pemula diantaranya yaitu : 

  1. Mengenal Terlebih Dahulu Semua Bagian Pedalnya 

Pada saat kamu mengendarai mobil manual, maka akan adanya 3 jenis pedal yang harus diinjak. Pedal yang berada disebelah kirinya merupakan pedal untuk kopling, pedal tengah untuk rem, dan juga pedal disebelah kanannya sebagai pedal untuk gas. Kamu harus menguasai ketiganya dengan benar. 

  1. Menguasai Kopling Dengan Baik 

Fungsi kopling seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah untuk mengatur gigi. Kamu dapat menggunakan kopling pada saat ingin menghentikan putaran roda dan mesin yang masih terhubung. Jika kamu akan mengganti koplingnya, maka jangan lupa untuk menginjak pedal koplingnya. 

  1. Membawa Mobil Dijalanan Yang Datar 

Kamu harus berhati hati pada saat ingin menyetir mobil jika berstatus sebagai pemula. Terlebih jika masih kakunya tangan dan kaki. Pada saat kamu akan mulai menyetir cobalah memilih jalanan yang datar dan lurus supaya dapat terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Kamu jangan lupa menggunakan sabuk pengaman yang merupakan syarat utama pada saat akan mengemudi. 

  1. Mengatur Posisi Duduk 

Supaya kegiatan menyetir semakin nyaman maka pastikan posisi duduk kamu baik dan benar. Apakah kamu perlu mengatur posisi duduk yang sedikit ke belakang atau tidak. Akan mudahnya kamu untuk menginjak ketiga pedal pada mobil manual jika posisi duduknya itu baik dan benar. 

  1. Menggunakan Semua Pedal 

Ini bukan berarti kamu harus menginjak semua pedalnyan secara bersamaan, tetapi kamu disarankan untuk menginjak pedalnya satu persatu sesuai dengan kebutuhan. Pada saat kamu akan menginjak pedalnya maka kamu harus berkonsentrasi secara penuh dan letak pedalnya tersebut harus kamu hapal. 

  1. Gigi Harus Berada Dalam Posisi Netral 

Kamu harus memastikan gigi dalam posisi netral sebelum mulai menyetir mobil. Pada saat kamu akan mengoperasikan mobilnya pastikan giginya kamu injak sepenuhnya. Karena jika kamu menginjaknya setengah setengah maka tidak akan maksimal hasilnya. Dan pada saat akan berganti gigi kamu harus berhati hati. 

Selain itu yang harus kamu perhatikan pada saat mengendarai mobil adalah pada saat akan mulai menghidupkan mobilnya itu cukup dengan menekan tombol starter dan menginjak penuh pedal koplingnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *