BERITA TERBARUBisnis Online

Cara Mengelola Laporan Keuangan Bisnis Online

Cara mengelola laporan keuangan bisnis online, termasuk laporan untung dan rugi (P & L), dapat membantu pemilik usaha kecil bergerak cepat menuju sasaran profitabilitas mereka. Meskipun menyiapkan pernyataan untung dan rugi bisa menjadi proses yang rumit, mungkin untuk mengelola dengan sedikit latihan dan pendidikan.

keuangan bisnis online

Keuangan bisnis online dalam untung dan rugi itu penting. Apa itu untung dan rugi, dan mengapa benar-benar perlu bagi bisnis online untuk mengelola?. Untung dan rugi didefinisikan sebagai keuntungan moneter dan hilangnya bisnis. Meskipun banyak bisnis kecil yang paling fokus pada pendapatan bersih, menentukan untung dan rugi bisnis Anda adalah cara yang menguntungkan untuk mengidentifikasi bendera merah sebelum mereka lepas kendali.

 

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang mengukur laba bersih perusahaan (baik operasi dan non-operasional) dan biaya (seperti pajak penghasilan) selama periode akuntansi tertentu. Juga dikenal sebagai laporan laba rugi, P & L terdiri dari beberapa komponen yang berbeda, termasuk laba kotor, laba operasi, pendapatan non-operasional, dan pengeluaran.

Salah satu Brand ternama dapat memperkirakan pendapatan mereka untuk tahun itu dengan menyiapkan proyeksi untung rugi, atau dikenal sebagai pro forma.

Akun untung dan Rugi

Akun untung dan rugi melacak laba bersih tahunan dan hilangnya bisnis. Laba kotor, yang mengacu pada total laba sebelum pemotongan, dihitung dalam akun perdagangan. Akun untung dan rugi perdagangan menunjukkan hasil aktivitas perdagangan, yang mencakup laba yang diperoleh atau kerugian yang diderita pada pembelian dan penjualan barang.

pernyataan P & L dan neraca

Neraca dan laporan P & L adalah dua dokumen keuangan yang paling penting untuk sebuah bisnis. Neraca adalah daftar aset, kewajiban, dan ekuitas jangka panjang. Pernyataan P & L adalah ikhtisar tentang bagaimana kinerja suatu bisnis dengan menampilkan pendapatan, harga pokok penjualan, dan biaya bisnis.

Cara membaca laporan untung dan rugi

Pernyataan untung dan rugi yang sederhana cukup mudah dibaca. Berikut ini adalah ikhtisar dari arti setiap bagian.

Pendapatan
Pendapatan mengacu pada uang yang Anda hasilkan dari penjualan. Agar menguntungkan dalam bisnis, penting untuk menghitung titik impas Anda. Setiap pendapatan yang dibuat di atas titik ini menghasilkan laba bersih yang positif.

Biaya langsung
Juga dikenal sebagai harga pokok penjualan, biaya langsung mengacu pada biaya yang Anda keluarkan saat membuat produk Anda atau memberikan layanan Anda.

Marjin kotor Marjin
kotor dihitung dengan mengurangkan biaya langsung dari pendapatan.

Biaya operasi Biaya
operasional adalah biaya apa pun yang Anda keluarkan untuk membuat bisnis Anda terus berjalan. Ini biasanya termasuk sewa, biaya administrasi, pemasaran, gaji, utilitas, dan sebagainya.

Penghasilan operasi Pendapatan
operasional mengacu pada laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan otorisasi. Anda dapat menghitung laba operasi dengan mengurangi biaya operasional dari margin kotor Anda.

Laba bersih Laba
bersih, atau dikenal sebagai “garis bawah,” adalah laba setelah biaya telah dipotong dari total pendapatan.

Bagaimana Cara membuat laporan Keuangan Bisnis Online?

Ada beberapa alat keuangan dan templat laba rugi yang tersedia untuk membantu pemilik usaha kecil dalam menyiapkan laporan laba rugi. Dalam keuangan bisnis online Laporan untung dan rugi biasanya dimasukkan dalam paket dasar kebanyakan sistem akuntansi online. Tetapi jika Anda tidak cukup siap untuk berkomitmen pada salah satu sistem ini, Anda dapat menyiapkan laporan untung dan rugi sederhana dengan membuat tabel di Microsoft Excel.

Alat laporan keuangan bisnis online terbaik Memilih perangkat lunak keuangan yang tepat dapat merampingkan proses manajemen P & L. Tetapi dengan begitu banyak alat pelaporan P & L di luar sana, mana yang harus Anda pilih? Berikut adalah kumpulan alat akuntansi favorit kami yang juga menawarkan laporan untung dan rugi untuk usaha kecil:

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close