Harga Tanah Semakin Mahal, Berikut Cara Mempersiapkan Hunian Di Masa Depan

Ungkapan harga tanah suatu saat akan lebih mahal daripada harga emas mungkin saja akan terjadi. Pasalnya saat ini saja, harga lahan di kota-kota besar di Indonesia terutama di ibukota di hitung  bukan lagi berdasarkan luas per are tetapi per meter perseginya. Bisa jadi di prediksikan suatu saat  harga lahan di kota-kota besar di Indonesia akan dihitung perjengkal atau per kakinya.

Hunian Di Masa Depan

Hunian Di Masa Depan

Tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan peluang dengan meningkatnya harga tanah sebagai salah satu bisnis yaitu bisnis properti jual beli lahan. Terutama bagi mereka yang memahami arena atau lokasi yang hendak di jadikan bisnis pastilah keuntungannya sangat tinggi karena harga lahan tersebut tentu akan mengalami peningkatan harga, bahkan berlipat-lipat dari harga beli sebelumnya.

Kota Di Indonesia Dengan Harga Tanah Tertinggi

Mempersiapkan hunian untuk masa depan memang  membutuhkan persiapan terutama mempersiapkan lahan atau arena yang akan digunakan dalam membangun sebuah bangunan. Harga lahan berbeda-beda pada tiap-tiap daerah tergantung potensi daerah tersebut. Misalnya saja lahan daerah kota bisa mencapai ratusan juta per meter perseginya dan daerah desa hanya beberapa puluh juta per arenya.

  1. Jakarta

Jelas saja Jakarta menjadi daftar kota di Indonesia dengan harga lahan tertinggi. Hal tersebut dikarenakan selain menjadi ibu kota, Jakarta juga menjadi salah satu kota ekonomi dimana terjadi transaksi bisnis dan pekerjaan sehingga banyak orang berbondong-bondong datang ke Jakarta untuk mengadu nasib. Para pendatang membutuhkan lahan hunian sehingga lahan menjadi langka dan mahal.

Harga tanahdi Jakarta jika di rata-ratakan pada seluruh wilayah ialah Rp. 24,6 juta per meter persegi. Artinya jika saja satu kepala keluarga membutuhkan lahan seluar 1 are (100 meter) maka biaya yang dibutuhkan untuk Rp. 246 juta untuk harga lahan saja, belum lagi biaya bangunan. Itulah kenapa banyak bermunculan rumah susun di Jakarta sebagai solusi dari harga lahan yang sangat mahal.

  1. Surabaya

Surabaya menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia dengan tingkat transaksi bisnis yang pesat. Untuk harga lahan di Surabaya cukup tinggi yakni Rp. 21 juta per meter persegi. Harga tersebut tentu tidak berbeda jauh dengan harga di Jakarta. Hal tersebut dikarenakan aktivitas ekonomi di Surabaya yang tinggi sehingga banyak pendatang yang memilih bekerja di Surabaya.

  1. Manado

Di bawah Surabaya, terdapat Manado yang menjadi kota dengan harga lahan termahal di Indonesia. harga lahan di Manado mencapai Rp. 16 juta per meter perseginya. Manado juga sering dijadikan kota investasi dengan alasan suatu saat kota Manado akan tumbuh sebanding dengan kota Jakarta. Saat ini juga di Manado mulai dibangun apartemen dan perumahan mewah lainnya.

  1. Tangerang

Harga lahan kota yang bertetangga dengan ibukota Jakarta ini tampaknya tertular oleh Jakarta. Harga tanah per meter perseginya di Tangerang mencapai Rp. 15,9 juta. Tentu saja dengan alasan bahwa Tangerang menjadi kota dengan aktivitas ekonomi yang tinggi. Di Tangerang juga banyak di dirikan apartemen mewah dan tak kalah mahal harganya dengan apartemen yang ada di Jakarta.

Langkah-Langkah Mempersiapkan Hunian Masa Depan

  • Mempertimbangkan kebutuhan keluarga dimana setiap kepala keluarga tentu memiliki jumlah anggota keluarga yang berbeda. oleh karena itu penting dalam menyediakan hunian yang layak bagi seluruh keluarga sehingga seluruh keluarga dapat terakomodasi dalam satu bangunan
  • Memanfaatkan lahan vertikal jika memang lahan yang dimiliki terbatas namun harus mampu menampung jumlah keluarga yang cukup banyak. Anda dapat membangun rumah secara vertikal atau rumah tingkat. Solusi rumah tingkat ini juga berlaku untuk mempersiapkan diri menghadapi harga tanah yang mahal.
  • Mempertimbangkan anggaran merupakan langkah yang harus diperhatikan dengan detail. Pasalnya biaya pembangunan rumah selalu membengkak di akhir dikarenakan ada biaya-biaya yang terlewatkan sebelumnya.
  • Memperhatikan desain bangunan, jangan sampai desain bangunan tidak sesuai dengan ukuran

Tips Mencari Lokasi  tanah Yang Tepat Sebagai Lahan Rumah

  • Persawahan atau rawa, lokasi ini mungkin memiliki kekurangan yaitu lahan yang tidak stabil karena sebelumnya dijadikan lahan untuk tanaman. Akan tetapi lahan di persawahan cocok bagi yang ingin membangun rumah beserta kebun.
  • Lahan gunung kapur, lahan ini cukup padat dan keras di bagian bawahnya sehingga cocok untuk membangun rumah karena pondasi yang dibutuhkan tidak perlu terlalu kuat. Adapun kekurangannya yaitu, tanaman akan sulit tumbuh.
  • Perkebunan, wilayah perkebunan sama dengan wilayah persawahan, hanya saja bedanya untuk wilayah perkebunan kan terdapat banyak hama tanaman atau rayap yang mungkin membutuhkan biaya tambahan untuk menghilangkan serangga terlebih dahulu.
  • Pantai, daerah pantai memiliki potensi yang cukup tinggi apalagi pantai tersebut merupakan lokasi wisata. Akan tetapi kekurangannya yaitu, material lahan pantai tentu akan mudah terkikis karena didominasi oleh pasir. Oleh karenanya, pondasi yang diperlukan tentunya harus kuat dibangun dengan semen khusus.