Beberapa Aturan Yang Harus di Lakukan Untuk Menggelar Resepsi Pernikahan di Era New Normal

Koalisi Warga Kawal New Normal: Jangan Jadi New Abnormal

Pada saat pandemic Covid-19 ini belum berakhir dan belum tersedianya vaksin memuat orang-orang melakukan social distancing, dan Sekaran pemerintah menerapkan hidup dengan New Normal atau cara hidup yang baru yang dimana kita harus beradaptasi dengan kehadiran virus ini. Dengan kehidupan yang baru sekarang semuah harus ada protocol kesehatan yang wajib kita ikuti untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus ini.

Sekarang kehidupan banyak perubahan, tak hanya hidup dalam sehari hari saja yang mengalami perubahan baru, tak terkecuali juga jika kalian ingin menggelar sebuah resepsi pernikahan pun mengalami perubahan yang baru. Dalam keputusan Mendagri Nomor 440-830 tahun 2020 tetang pedoman tatanan baru, jadi pemerintah daerah bisa untuk membubarkan sebuah acara pernikahan yang tidak menerapkan sebuah protocol kesehatan.

Agar resepsi pernikahan kamu bisa berlangsung secara ancar kalian bisa menerapkan beberapa aturan pernikahan new normal yang harus di ikuti.

  • Wajib Lakukan Cek Suhu

Sebelum para tamu masuk ke dalam ruangan resepsi pernikahan, setiap tamu wajib di cek suhu badan mereka tidak hanya tamu saja yang di cek tapi semuah orang yang terlibat dalam resepsi tersebut. Mulai dari keluarga pengantin, maupun pengantin, panitia, hingga semua kru dari masing-masing vendor.

  • Batasi Jumlah Tamu

Membatasi jumah tamu juga merupakan agar penetapan social distancing bisa berjalan dengan lancar pernikahan kalian. Tamu juga harus menggunakan masker, untuk akad nikah sendiri diberikan pembatasan kapasitas tamu hanya bisa 20% tamu yang bisa datang , jadi bagi kalian yang ingin melakukan resepsi pernikahan sebaiknya hanya mengundang teman dekat kalian atau keluarga dekat saja, dan kalian juga harus tetap menjaga jarak antar tamu.

  • Protokol Kebersihan

Yang tidak bisa kita lewatkan juga adanya protocol kebersihan pada saat menyenggalarakan resepsi. kalian juga bisa meminta pihak Gedung untuk menyediakan tempat cuci tangan atau menyediakan Handsanitaizer yang bisa disediakan di sudut sudut gedung agar mudah untuk tamu mencuci tanganya.

  • Sarung Tangan dan Masker

Karena sekarang di wajibkan menggunakan masker, jadi pada saat kalan melaksanakan resepsi pernikahan kalian dan para tamu diwajibkan menggunakan masker. Bagi para pengantin dan penghulu tak hanya masker menggunakan sarung tangan juga harus digunakan pasalnya pengantin dan penghulu akan bersentuhan supaya tidak bersentuhan langsung.

  •  Tidak Bersalam-salaman

Acara salam-salaman di sebuah resepsi pernikan biasanya orang orang akan menganggap penting, dan biasanya tamu akan mengantri untuk mendapatkan giliran bersalaman, dengan pengantin serta orang tua pengantin tak kadang jika itu resepsi pernikahan teman kalian atau saudara kalian akan dijadikan ajang berfoto-foto sebagai kenang-kenangan. Namun itu semua tidak bisa kita lakukan pada saat pendemi, tapi kalian masih bisa bersalaman dengan menjaga jarak dan tidak bersentuhan langsung.

Itu mungkin sedikit dari banyak aturan lain yang bisa kita ketahui, dan jika aturan diatas tidak kalian lakukan dan patuhi dengan benar bisabisa resepsi pernikahan akan dibubarkan oleh institusi yang dikomandoi oleh pemerintah daerah  dan bahkan munkin akan burujung dikenakan sangsi berupa hukuman atau denda.

Itu semua tidak maukan kalian rasakan , jadi patuhi saja yang sudah di tetapkan pemerintah, tak mengapa pernikahan kalian sederhana toh nanti uang yang biasanya dikeluarkan 100% dan kalian bisa jadi 50% pengeluaran saja 50% lagi bisa kalian tabung untuk kedepanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *