6 Kebiasaan Penyebab Wajan Anti Lengket Cepat Rusak yang Perlu Dihindari

Wajan anti lengket menjadi salah satu peralatan dapur yang banyak digunakan dan perlu perawatan khusus supaya awet. Namun beberapa kebiasan yang tidak disadari justru membuat wajan anti lengket jadi cepat rusak dibandingkan kredit cepat nya. Berikut beberapa kebiasaan penyebab wajan anti lengket cepat rusak yang perlu dihindari.

Cara Memasak Tidak Benar

Hal sepele namun sangat penting untuk diperhatikan saat Anda menggunakan wajan anti lengket adalah cara memasak. Salah satu kebiasaan memasak yang perlu dihindari adalah memanaskan wajan anti lengket dan minyak goreng secara bersamaan.

Cara tersebut bisa merubah suhu wajan secara mendadak, sehingga distribusi panas di wajan anti lengket tidak merata. Sebaiknya jika ingin memasak menggunakan minyak di wajan anti lengket, minyak dituang setelah wajan dipanaskan terlebih dahulu.

Menggunakan Semprotan Masak Anti Lengket

Semprotan masak anti lengket sebaiknya tidak digunakan, karena mengandung minyak, propelan, dan pengemulsi yang bisa merusak wajan. Banyaknya bahan kimia yang menumpuk di permukaan wajan anti lengket bisa membuat pengontrol panasnya tidak berfungsi dengan baik.

Jika memang sangat terdesak untuk menggunakan semprotan masak anti lengket, maka gunakan semprotan masak yang hanya mengandung minyak. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun ataupun lemak lainnya sebagai pengganti semprotan masak anti lengket.

Dipanaskan dengan Suhu Tinggi

Menggunakan wajan anti lengket untuk memasak makanan dengan suhu yang sangat tinggi juga bisa membuatnya cepat rusak. Wajan anti lengket lebih cocok digunakan untuk memasak makanan dengan suhu rendah, yakni dengan api kecil atau sedang.

Beberapa wajan anti lengket memiliki lapisan khusus yang bisa melepuh atau melengkung jika terpapar suhu tinggi. Selain permukaannya mengalami kerusakan, distribusi panas dari wajan anti lengket jadi tidak merata akibat terlalu sering terpapar suhu tinggi.

Menggunakan Spatula Berbahan Logam

Saat memasak makanan menggunakan wajan anti lengket, sebaiknya Anda tidak menggunakan spatula berbahan logam atau stainless steel. Meskipun terlihat sepele, namun jika terus dilakukan maka permukaan wajan anti lengket akan tergores dan rusak.

Karena permukaan yang tergores atau rusak, maka panas yang dihasilkan wajan tidak lagi merata dan wajan jadi lengket. Karenanya, Anda disarankan untuk memakai spatula berbahan kayu atau lainnya yang memiliki permukaan lembut, supaya tidak menimbulkan goresan.

Dicuci Menggunakan Bahan Kasar

Pada umumnya, sebagian besar masyarakat sering menggunakan serabut kelapa atau kawat gosok saat membersihkan peralatan dapur. Namun jika ingin mencuci wajan anti lengket, sebaiknya Anda tidak menggunakan serabut kelapa atau kawat gosok.

Alat pembersih bertekstur kasar seperti serabut kelapa dan kawat gosok bisa membuat permukaan wajan anti lengket tergores. Anda bisa menggunakan kedua jenis alat pembersih bertekstur kasar ini untuk membersihkan bagian bawah wajan yang terkena api saja.

Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Mesin pencuci piring memang menjadi salah satu alat yang digunakan untuk mempercepat serta mempermudah pembersihan peralatan dapur. Namun sayangnya, Anda tidak disarankan untuk memakai mesin pencuci piring sebagai pembersih wajan anti lengket.

Hal tersebut dikarenakan, mesin pencuci piring menggunakan suhu tinggi saat melakukan sterilisasi, dan proses tersebut membuat wajan cepat rusak. Selain itu, sabun yang digunakan mesin pencuci piring juga berpotensi membuat wajan anti lengket cepat rusak.

Nah, itulah beberapa kebiasaan penyebab wajan anti lengket cepat rusak yang perlu dihindari supaya wajan tetap awet. Karena terbuat dari bahan yang berbeda, maka wajan anti lengket memerlukan perawatan khusus dan disimpan di tempat yang tepat.

Sekedar informasi, kini cicilan mejadi lebih mudah dengan adanya Kredivo. Jika Anda hendak memilih cicilan 3 bulan saja tetap bisa, hanya dikenai biaya admin 1% per bulan saja loh. Untuk kamu yang memilih cicilan 6 bulan dan 12 bulan, bunga Kredivo tetap paling rendah dibandingkan aplikasi lain. Hanya 2,6% saja per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *